Lip Sing? Mau jual suara atau mau jual tampang?

Hei, maaf ya temen-temen.. udah lama nih gue nggak ngisi blog. Yang pertama adalah karena terlalu banyak tugas sekolah yang harus gue kerjain, yang kedua gue belom gape-gape amat buat ngotak-ngatik blog, yang ketiga yang namanya pekerjaan tulis-menulis itu emang harus nunggu mood bagus datang, yang keempat karena keasikan main facebook, twitter de el el. Dan alasan-alasan yang lain yang ngebuat gue jarang nulis di blog. Tapi sekarang, gue mau usaha nih, buat rajin-rajin nulis di blog. Hehe, udah mulai bosen main facebook dan twitter, tinggal selingkuh ke blogger dah.. haha..

Hadoh, kok jadi banyak bertele-telenya yah? Dari judul, di tulisan kali ini gue mau ngomongin soal lip sing. Temen-temen udah pada tau kan apa itu lip sing? (yang kagak tau, mungkin kalian tau, tapi nggak tau apa isitilahnya.. hehe, kayak temen sebangku gue tuh.. haha). Yups, lip sing itu sesuai dari kata nya: lip means bibir, sing means bernyanyi. Jadi, lip sing itu beryanyi pake bibir. (Cuma gerakan bibir doang, suaranya keluar dari kaset rekaman). Waktu itu gue lagi nonton sebuah live show di salah satu stasiun televisi, gue perhatiin penyanyinya. Kok suara sama bibir nggak pas ya? Gue pikir ada trouble sama pusat ato TV gue yang eror. Tapi setelah gue tanya sama yang lebih ahli, ternyata penyanyi itu tampil pake metode lip sing. Jujur waktu itu gue rada mangkel. Gimana ya? Kaya ngerasa dibohongin aja. Setau gue, yang namanya penyanyi itu kerjanya menghibur penonton dengan nyanyi. Kalo yang ini dia nyanyi, tapi cuma bibir doang, suaranya suara kaset rekaman. Hah, payah.. Kalo tampil dengan cara begitu, apa bedanya sih dengan menipu penonton? Seolah-olah itu tuh menunjukkan kalo dia nggak professional dalam bernyanyi. Mungkin metode lip sing udah jadi bahan yang lumrah buat para penyanyi atau band-band di Indonesia ya? Jujur aja, gue rada kecewa. Coba deh lo bayangin, lo datang jauh-jauh nonton konser Band “X”, lo desek-desekkan sama penonton yang lain itu kan karena lo pengin liat dia tampil secara live (live nyanyi, live performance). Eh, nggak taunya kalian cuma dapet gerakan bibirnya doang. Bibir joget-joget gitu? Haha, kalo gue sih nyesel banget.

Yang gue mau itu adalah nonton seluruh performance-nya. Gimana dia tampil di depan publik, gimana dia bisa ngatur suaranya biar nggak fals, gimana dia tampil dengan gaya yang keren. Bukan malah nonton bibir joget-joget. Kalo cuma gitu doang mah gue juga bisa. Tapi sayang tampang gue nggak laku dijual. Hahaha.. ;-P

Okeh, jadi intinya di sini gue cuma pengen berpendapat bahwa lip sing itu adalah metode nyanyi yang menurut gue itu sama aja menipu penonton. Lip sing terkesan nunjukin kalo penyanyi itu nggak professional. Apalagi buat acara live show. (hadoh, untung idola gue anti lip sing). Metode lip sing itu digunakan buat hal-hal tertentu aja. Misalnya pembuatan klip video atau pas acara manggung, pas kebetulan penyanyinya lagi sakit tenggorokan. Nah, dengan terpaksa dia boleh pakai metode lip sing.

Tapi kalo lagi sehat wal afiat, nggak ada angina nggak ada ujan, dan nggak ada tukang ojek. (biasanya ini karena alasan grogi, takut tiba-tiba suaranya fals gitu? Haha). Haduh, mending jangan jadi penyanyi deh, jadi ahli pantomim lebih cocok. Hehe, pisss… :-P

0 komentar: